Tips Mengirim Alat Berat

Tips Mengirim Alat Berat

Tips mengirim alat berat ini sebaiknya anda baca dulu sebelum menentukan pilihan layanan ekspedisi. Melalui tips ini, alat berat yang dikirim akan lebih aman dan cepat sampai ditempat tujuan.

Mengirim alat berat yang berukuran besar seperti motor scraper, motor grader, asphalt finisher dan Excavator tidak boleh dilakukan asal-asalan karena tiap mesin tersebut memiliki dimensi ukuran yang besar sekali dan bobot yang tidak biasa. Oleh karenanya, diperlukan ekspedisi pengiriman alat berat yang memiliki banyak pengalaman pada bidangnya.

Anda harus memahami betul seperti apa langkah-langkah serta cara yang harus digunakan selama proses penaikan dan penurunan alat berat dari atas armada pengirim. Perusahaan ekspedisi yang bonafit tentu memberikan masukan pada anda seperti apa sebaiiknya proses pengiriman dilakukan. Hal itu semata-mata untuk menjaga keselamatan barang selama dalam perjalanan. Berikut ini tips mengirim alat berat yang saya peroleh dari Klik Logistics.

Tips Mengirim Alat Berat Dalam Kota Maupun Luar Kota

Baca Buku Pedoman Alat Berat

Apabila alat berat tersebut anda dapat dari dealer resmi, tentunya ada buku manual yang berisi tentang panduan serta pedoman langkah-langkah yang harus dijalankan secara rutin untuk menjaga alat berat selalu dalam kondisi siap pakai. Coba bacalah buku tersebut hingga benar-benar memahaminya.

Namun jika buku tersebut hilang karena lupa menyimpan dimana atau rusak akibat hal tertentu, anda bisa mencari informasi tentang alat berat tersebut melalui situs resminya. Carilah semua informasi yang anda belum tau mengenai panduan penggunaan maupun cara perawatan alat berat tersebut.

Periksa Ijin Ekspedisi Pengiriman Alat Berat

Saat anda sudah menentukan layanan ekspedisi, sebelum muatan dikirim mintalah surat jalan dan surat ijin pengiriman. Dengan adanya kedua surat tersebut, pengiriman jadi lebih lancar. Serta tanyakan juga rute jalur yang akan dilewati, sebab tidak semua rute boleh dilalui oleh kendaraan yang mengangkut muatan dengan berat yang super besar. Jika kendaraan tersebut salah rute, proses pengiriman jadi terhambat dan memakan waktu lama.

Melindungi Bagian Alat Berat Yang Mudah Rusak

Pegiriman alat berat pada umumnya diangkut menggunakan armada bak terbuka atau trailer low bed sesuai kapasitas muatan. Artinya, muatan tersebut selama dalam perjalanan tidak terlindungi dari terik matahari, debu, hujan dan cipratan air. Oleh karenanya, lindungilah bagian-bagian tertentu yang mudah rusak menggunakan plastik bubble.

Persiapkan Lokasi Bongkar Muat

Hal penting lainya yang tidak boleh terlewatkan ialah menyiapkan area yang luas untuk proses bongkar muat agar alat berat mudah berada diatas armada pengiriman. Jangan memilih area bongkar muat yang ukuranya sempit, sebab sangat riskan digunakan proses bongkar muat. Bila tidak ada area yang cocok untuk proses tersebut, konsultasikan hal ini dengan jasa ekspedisi agar diberikan solusi.

Itulah artikel mengenai tips mengirim alat berat baik didalam kota ataupun diluar kota. Masih ada pertanyaan? Silahkan anda kunjungi website Klik Logistics dan sampaikan pertanyaan anda melalui customer servis perusahaan tersebut.

Author: donny