Penyebab Gangguan BIPOLAR

Beberapa minggu ini, mencuat di media massa pembicaraan tentang gangguan bipolar (GB). Pemberitaan itu memunculkan berbagai pertanyaan pada benak kita, apakah anak-anak bisa terserang bipolar?

Beberapa Penyabab terjadinya Gangguan BIPOLAR

– Faktor Genetik Anak yang lahir dari salah satu orangtua yang menderita GB, berrisiko 15%–30% untuk mengalami GB. Sementara jika kedua orangtuanya menderita GB, kemungkinannya akan lebih besar, yakni 50%–75%.

– Faktor Fisiologis Gangguan pada sistem neurochemistry (cairan kimia dalam otak) dapat menimbulkan mood disorders atau munculnya GB. Sistem neurochemistry membutuhkan neurotransmitter yakni saraf pembawa pesan dari otak ke bagian tubuh lain. Norepinephrin, dopamine, dan serotonin adalah beberapa jenis neurotransmitter atau zat kimia penting dalam menghantar impuls saraf.

Pada penderita GB, cairan-cairan kimia tersebut dalam keadaan tidak seimbang. Jika cairan dopamine sangat tinggi, anak jadi sangat bersemangat, agresif, dan percaya diri. Begitu pula sebaliknya. Bisa juga terjadi gangguan pada sistem neuroendokrin. Hal ini terkait dengan area limbik di otak yang dapat memengaruhi produksi kortisol (hormon adrenocortical) di hipotalamus yang berfungsi mengontrol kelenjar endokrin dan tingkat hormon yang dihasilkan. Kelenjar pituarity yang terkait dengan gangguan depresi juga dipengaruhi oleh tingkat hormon yang diproduksi hipotalamus. Produksi hormon adrenocortical yang tinggi dapat memicu terjadinya depresi.

– Faktor Lingkungan Sebenarnya penderita GB memiliki faktor genetik atau fisiologis yang menyebabkan ia mengalami GB. Nah, faktor ini kemudian diperkuat oleh lingkungan di dalam interaksi sosialnya sehingga GB pun muncul lebih kuat. Penderita GB di masa remaja, misalnya, cenderung pernah mengalami hal yang tidak menyenangkan di masa kanak-kanak. Seperti, pengalaman traumatis, menyedihkan ditinggal pergi hewan kesayangannya, broken home, dan sebagainya. Jika hal-hal ini tidak direspons baik oleh lingkungannya, potensi munculnya GB akan lebih besar di masa mendatang.

Jangan sampai anak mengalami gangguan bipolar ini karena akan sangat membahayakan kepribadiannya. Untuk itu peran orangtua sangat penting dalam menanggapi setiap perilaku anak agar anak menjadi pribadi yang tangguh dan kuat dalam menghadapi sebuah kenyataan yang pahit. Selain itu juga berikan anak kesibukan di tempat les berbahasa Jerman terpercaya di Tangerang agar mahir dalam berbahasa Jerman.

Author: donny