Contoh teks eksplanasi sosial, budaya dan strukturnya

Apakah Anda tahu apa teks penjelasannya? Berbicara tentang teks penjelasan jelas merupakan bahan yang terkandung dalam pelajaran bahasa Indonesia.

Dalam kurikulum 2013, teks penjelas telah menjadi materi wajib yang harus dipelajari oleh siswa, baik di tingkat sekolah menengah dan senior. Dibandingkan dengan jenis teks lainnya, teks penjelasan masih relatif baru dan jarang diketahui. Selain itu, masih ada beberapa referensi yang membahas teks penjelasan.

Nah, dalam artikel ini saya akan menjelaskan beberapa contoh teks penjelasan yang dapat membantu Anda mempelajari atau mengeksplorasi teks penjelasan. Penjelasan berikut

Contoh teks eksplanasi dan strukturnya

Sebelum membahas beberapa contoh teks penjelas, perlu mengetahui struktur teks penjelas terlebih dahulu sehingga nantinya tidak salah untuk melakukan atau menentukan apakah teks ini termasuk jenis teks penjelas atau jenis teks lain.

Secara umum, ada 3 struktur yang harus dipenuhi dalam membuat teks penjelasan, yaitu pernyataan umum, urutan kausalitas dan interpretasi.

Pernyataan umum: berisi pernyataan umum tentang suatu topik yang akan dijelaskan, seperti pemahaman, fitur, atau alasan terjadinya peristiwa tersebut.
Deklarasi sebab dan akibat: berisi fase dari peristiwa atau peristiwa yang akan dijelaskan secara berurutan, dari awal hingga akhir acara.
Interpretasi: berisi kesimpulan dari topik yang dijelaskan.
Untuk membantu Anda lebih memahami teks penjelasan, di bawah ini adalah 10 contoh teks penjelasan.

1. Contoh teks penjelasan tentang budaya

Pernyataan umum

Indonesia adalah negara yang kaya akan keanekaragaman wilayah, mulai dari bahasa, pakaian tradisional, budaya dan tradisi, tarian, seni rupa dan sebagainya. Salah satu budaya global Indonesia adalah batik. Pada 2 Oktober 2009, UNESCO menetapkan bahwa batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non-budaya berasal dari Indonesia karena ada simbol dan makna filosofis yang mewakili bangsa Indonesia.

Sebab dan akibat

Kata batik berasal dari kata Jawa “amba” dan “nitik”. Awalnya, batik dibuat pada penopang daun palem dan meja tradisional rumah Jawa. Namun, sejak kerajaan batik Majapahit ditulis pada kain putih yang digunakan sebagai pakaian. Batik menjadi perdagangan berharga yang hanya digunakan oleh keluarga kerajaan. Secara bertahap, batik mulai dikenal oleh masyarakat luas dan teknik produksinya menjadi semakin beragam.

Juga ragam pola dan warna batik tidak luput dari pengaruh asing. Misalnya, pengaruh Arab yang memilih motif batik dalam bentuk seni kaligrafi, penjajah Eropa yang memilih batik dalam bentuk motif bunga, pengaruh Cina yang memberi motif Fenisia (burung api) dengan warna-warna cerah seperti merah, ke India dan Persia pengaruh yang memberikan pengaruh motif merak pada batik Indonesia. Namun, kita masih dapat menemukan daerah yang memelihara batik tradisional dengan motif dan motif khusus untuk digunakan dalam tradisi upacara tradisional.

interpretasi

Karena itu, kita harus bangga dengan seni batik dan merawatnya agar tidak dijiplak dan diakui oleh negara lain. Lebih lanjut, keanekaragaman motif dan warna batik dapat menarik wisatawan asing untuk meningkatkan perekonomian Indonesia.

2. Contoh teks penjelasan di media sosial

Pernyataan umum

Kemiskinan adalah suatu kondisi di mana seseorang tidak dapat memenuhi kebutuhan dasarnya, seperti makanan, pakaian dan perumahan. Kemiskinan termasuk dalam fenomena sosial yang terjadi dalam kehidupan manusia. Hingga akhirnya, kemiskinan yang meluas menjadi masalah negara yang memengaruhi tingkat kesejahteraan negara.

Deklarasi sebab dan akibat

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kemiskinan, terutama pengangguran, rendahnya tingkat pendidikan dan bahkan bencana alam. Pengangguran dapat terjadi karena ketidakseimbangan dalam jumlah pekerjaan dengan angkatan kerja di usia produktif. Tingkat pengangguran yang tinggi akan menghambat perkembangan ekonomi suatu negara.

Pendidikan yang buruk juga menyebabkan kemiskinan. Ini karena tidak ada keterampilan, pengetahuan atau pendapat publik tentang cara menghasilkan sesuatu yang bernilai. Kurangnya pendidikan membuat orang sulit untuk memperbaiki kehidupan mereka menjadi lebih baik.

Selain dua faktor yang disebutkan di atas, kemiskinan juga disebabkan oleh bencana alam. Bencana alam seperti banjir, letusan gunung berapi dan gempa bumi akan menghalangi mata pencaharian sebagian orang. Petani akan gagal karena bencana alam yang tidak mampu menghasilkan makanan.

interpretasi

Karena itu, pemerintah harus melakukan pengamatan dan upaya untuk mengatasi tingkat kemiskinan. Selain itu, masyarakat juga harus mengendalikan gaya hidupnya agar tidak menyia-nyiakan uang dan membantu orang yang membutuhkan.

Sumbe : https://rumusrumus.com/

Author: donny