Ciri Khas Lagu Dangdut, Itulah yang Membedakan Berbagai Jenisnya

Rupanya, tersedia banyak jenis dari lagu dangdut. Semuanya dibedakan dengan ciri khas lagu dangdut yang tersedia. Apakah, jenis-jenis lagu dangdut yang ada?

Dangdut adalah jenis musik tradisional yang disukai orang Indonesia. Dari semua kalangan, menyukai musik dangdut bahkan mendendangkannya bersama-sama. Walaupun sering menyanyikan dan mendengarkannya, musik dangdut dan jenisnya tidak banyak diketahui orang. Padahal cara membedakan tiap jenisnya sangatlah mudah, yaitu memperhatikan ciri khas lagu dangdut dan masing-masing lagu. Lantas, apakah ciri khas yang dimaksud?

7 Ciri Khas Lagu Dangdut yang Banyak Disenangi Masyarakat

Masyarakat Indonesia menyenangi lagu dangdut karena dapat digunakan untuk menari dan bersenang-senang dengan kerabat. Ciri khas lagu dangdut apakah yang sering dimainkan?

  1. Dangdut Koplo

Diantara jenis lagu dangdut yang ada, jenis inilah yang paling banyak didengarkan di berbagai kesempatan. Jenis lagu ini kebanyakan menggunakan bahasa Jawa dan bahasa Indonesia. Beat-beat yang ada pada lagu, dipastikan akan membuat anda dan penonton lain untuk bergoyang. Diantara penyanyi dangdut yang ada, jenis lagu ini banyak diperkenalkan oleh Via Vallen dll.

  1. Dangdut Pop

Selain dangdut Koplo, jenis lagu lain yang banyak dinantikan adalah jenis lagu dangdut pop. Diamana khas lagu dangdut ini memadukan dua instrumen modern, seperti kendang dan suling. Dalam jenis lagu ini, tidak digunakan banyak cengkok. Namun tetap memiliki sentuhan dangdut yang lembut. Untuk mengetahui lebih jelasnya, cobalah cari penyanyi yang menyanyikan lagu jenis ini di video.

  1. Dangdut Campursari

Musik campuran berikutnya adalah lagu dangdut campursari. Lagu jenis ini diperkenalkan oleh Didi Kempot. Dalam menyanyikan lagunya, dipadukan instrumen modern, seperti gamelan, keroncong atau musik orkestra khas daerah. Banyak lagu jenis ini yang disukai masyarakat, karena tidak terlalu bising namun dapat dinikmati selama waktu senggang.

  1. Dangdut Klasik

Jenis lagu dangdut lainnya adalah dangdut klasik. Lagu ini memiliki tingkat kesulitan yang berbeda dibandingkan dangdut koplo. Karena penyanyinya harus memiliki suara yang bagus dan nafas yang kuat. Salah satu penyanyi yang terkenal dengan jenis lagu dangdut lama adalah Rita Sugiarto dan berbagai tokoh lainnya.

  1. Dangdut Melayu

Tidak jauh berbeda dibandingkan dangdut klasik, dangdut melayu adalah lagu dangdut nostalgia. Di mana memadukan dua jenis musik, yaitu melayu dan India. Salah satu tokoh musik dangdut ini adalah Rhoma Irama. Dengarkanlah salah satu lagu dari beliau dan anda akan mengetahui perbedaan khas dari lagu ini dibandingkan lagu lainnya.

  1. Dangdut Remix

Jenis lagu ini dikenal juga dengan dangdut disco. Karena musiknya yang ramai dan penuh keceriaan, para anak muda adalah sasaran dari penyanyi lagu ini. Musik dangdut remix memiliki paduan antara musikk dangdut lama dengan EDM. Jadi, sangat wajar jika terdapat beat-beat yang berbeda, dibandingkan beat-beat di jenis lagu yang lainnya.

  1. Rock Dangdut

Saat ini musik dangdut telah berkembang dan berevolusi, hingga muncul banyak jenis-jenis lagu dangdut baru. Salah satunya, jenis musik yang dikenal adalah Rock Dangdut yang dikenal dengan Rockdut. Dalam memainkannya, dibutuhkan paduan dengan drum dan alat musik modern lainnya. Paduan ini, akan membuat download lagu dangdut musik terus berkembang dan lebih kekinian.

Hampir semua jenis lagu dangdut ini, anda dapat dengarkan di berbagai media, baik media sosial ataupun radio. Karena sudah mengenal jenisnya, cobalah pahami tentang ciri khas lagu dangdut yang ada. Siapa tahu, anda dapat membaginya secara langsung pada orang-orang disekitar. Sehingga ilmu yang ada dapat berguna untuk banyak orang, utamanya untuk mereka yang tertarik dengan dangdut.

Author: donny