Cara Membersihkan Jam Tangan Stainless Steel

Dengan tampilan yang berkilau dan eksterior yang tangguh, stainless steel adalah logam biasa ditemukan pada jam tangan. Banyak jam tangan yang terbuat dari bahan stainless steel, seperti Rolex, Seiko, Jam Tangan Casio, Daniel Wellington, dan masih banyak lagi.

Meskipun dikenal tangguh, bahan stainless steel masih membutuhkan perawatan khusus untuk mempertahankan tampilannya. Apabila Anda bekum mengetahui bagimana cara membersihkan jam tangan stainless dengan benar, maka artikel ini diharapkan dapat membantu Anda melakukannya. Berikut adalah cara membersihkan jam tangan stainless steel untuk mempertahankan kilau yang dimilikinya dan mencegah kerusakan pada jam tangan itu sendiri.

Alasan mengapa jam tangan stainless steel membutuhkan perawatan khusus

Seiring berjalannya waktu, tampilan dari jam tangan stainless steel akan mulai kusam. Pada umumnya, di rantai gelang logam juga akan ditemukan banyak sekali debu dan kotoran yang menempel. Bahkan dengan adanya teknologi tahan air, jam tangan stainless steel bisa rentan terhadap karat dari keringat dan kelembaban berlebih.

Berikut cara membersihkan jam tangan dari stainless steel:

  1. Mengusapnya dengan lembut

Mulailah dengan mengusap tali jam tangan dan wajah jam dengan kain lembut untuk menghilangkan lapisan awal kotoran, dan debu.

  1. Celupkan jam tangan ke dalam air sabun hangat

Isi baskom wastafel atau mangkuk bersih dengan air hangat dan setetes sabun cuci piring anti bakteri. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan minyak,. Akan tetapi, jika jam tangan stainless steel Anda tidak tahan air, berhati-hatilah untuk hanya mencelupkan tali jamnya saja ke dalam air.

  1. Gosok tali jam tangan stainless steel dengan lembut

Gunakan sikat gigi yang dengan ujung yang lembut dan bersih agar dapat masuk ke celah-celah tali jam tangan stainless steel. Perhatikan seberapa banyak tekanan yang Anda berikan, karena tekanan yang berlebih dapat menyebabkan goresan yang tidak diinginkan.

  1. Bilas dengan air hangat

Celupkan tali jam ke dalam air hangat atau letakkan pada bak cuci untuk menghilangkan sabun yang tertinggal.

  1. Keringkan dengan kain lembut

Tepuk-tepuk jam tangan agar kering, atau gunakan pengering rambut dengan setelan panas rendah agar cepat kering.

  1. Beri sedikit sentuhan akhir

Anda dapat menyemprotkan cairan pembersih kaca pada kain lembut, dan usap wajah jam, kasing dan tali stainless steel untuk agar lebih berkilau. Jika Anda mengetahui cara melepas tali dan memasangnya kembali, maka Anda dapat melepasnya dari kasing dan merendamnya dalam cairan pembersih kaca selama sekitar 15 menit, dan kemudian membilasnya dengan air bersih. Pastikan untuk membersihkannya dengan kain lembut ketika Anda selesai.

Waktu yang tepat untuk membersihkan jam tangan stainless steel

Jika Anda memakai tangan Anda setiap hari, maka Anda hanya perlu membersihkannya dalam sekali sebulan. Gunakan kain lembut untuk menyeka bagian dalam tali jam, ditambah bagian belakang dan depan kasing. Ini akan membantu Anda untuk menghilangkan kelembaban atau lotion berlebih yang yang menempel pada jam Anda. Perawatan rutin untuk jam tangan Anda akan membuat pembersihan mendalam bulanan Anda menjadi lebih mudah.

Author: donny