Cara Berhenti Donasi UNICEF Termudah & Cepat

CARA BERHENTI DONASI UNICEF

United Nations Children’s Fund (UNICEF) adalah salah satu lembaga yang di naungi oleh badan PBB. Tugas UNICEF adalah membangun sebuah dunia yang dapat menghargai hak anak, melindungi anak dari kekerasan, diskriminasi dan penyakit. Dana yang dimiliki organisasi ini berasal dari pemerintah dan dana pribadi. Nah apabila saat ini anda termasuk orang yang menjadi donatur dan ingin berhenti karena alasan tertentu, artikel ini memberikan informasi lengkap bagaimana cara berhenti donasi UNICEF untuk selamanya. Mau tau caranya ? Simak penjelasanya di bawah ini.

Sekilas Tentang UNICEF

Sejak tahun 1948, UNICEF telah berdedikasi menjangkau jutaan anak di Indonesia dengan bantuan pembangungan dan kemanusiaan. UNICEF pertama kali fokus di pulau Lombok dalam penyediaan bantuan darurat serta mencegah adanya kelaparan. Setelah itu penandatanganan resmi kerja sama pertama kalinya dengan Republik Indonesia, UNICEF melakukan pembangunan dapur susu di Daerah Istimewa Yogyakarta, dimana pada saat itu Yogyakarta merupakan pusat pemerintahan baru pada zamannya. Pemerintah Indonesia sendiri pada tahun 1969 meluncurkan Rencana Pembangunan Lima Tahun Pertamanya, dengan UNICEF dan organisasi PBB lainnya yang terlibat dalam memberikan bantuan teknis. Keterlibatan UNICEF semakin berkembang serta programnya mencakup wilayah yang lebih luas demi mewujudkan hak-hak anak serta perempuan di Indonesia, dimana UNICEF berkomitmen memastikan bahwa tidak ada anak yang tertinggal.

Apa Saja Yang Telah Dilakukan UNICEF Untuk Indonesia?

Dapat dilihat dari laporan tahunan UNICEF pada tahun 2018, UNICEF merupakan badan PBB pertama yang memberikan pertolongan mengirimkan pasokan darurat pasca bencana gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Sulawesi tepatnya apda bulan September tahun 2018, dimana dampak kejadian bencana tersebut sangat berpengaruh terhadap anak-anak. Tanpa mengenal rasa lelah staf UNICEF dengan Pemerintah berupaya untuk menjangkau 1,4 juta orang di Sulawesi serta Lombok, termasuk diantaranya ada 475.000 anak-anak. Untuk lebih jelas lagi laporan tersebut bisa anda baca pada halaman 8-9. Dan untuk halaman 5 bisa dibaca bagaimana UNICEF membantu mempertemukan kembali ayah dengan putranya di Palu, dimana anak tersebut satu dari sekian anak yang terpisah dari keluarganya yang berhasil kami pertemukan kembali dengan keluarganya.

CARA BERHENTI DONASI UNICEF

Pada tahun 2018 juga UNICEF bekerja sama dengan mitra pemerintah Indonesia serta masyarakat sipil mengkampanyekan imunisasi nasional selama 2 tahun untuk memvaksinasi hampir 70 juta anak terhadap campak dan rubella. Laporan UNICEF pada halaman 6 menjelaskan bahwa telah bekerja sama dengan pejabat kesehatan setempat dan LSM dikota Ambon, dipastikan bahwa setiap anak, bahkan mereka yang berasala dari daerah atau komunitas yang sangat sulit dijangkau dilindungi dari penyakit yang dapat dicegah. UNICEF berupaya untuk memastikan ketersediaan akses yang sama terhadap kesempatan belajar serta menyediakan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan anak-anak di Indonesia untuk berkembang.

Di Brebes, UNICEF sangat mendukung program inisiatif Kembali ke Sekolah (Back to School Initiative), dimana 7.000 anak memiliki kesempatan untuk kembali ke bangku pendidikan formal dan non formal. Kisah inspiratif dalam program Back to School Initiative ini bisa dilihat pada laporan UNICEF tahun 2018 halaman 11. Meskipun masih banyak kendala susbtansial, UNICEF berkomitmen untuk mewujudkan hak-hak anak di Indonesia. UNICEF berterima kasih kepada 62.000 donor individu, mitra pembangunan dan seluruh juara-juara Indonesia yang berkontribusi bagi anak-anak serta membuat kemajuan yang nyata. Selanjutnya UNICEF berupaya untuk meningkatkan kesehatan, pendidikan dan lingkungan, dan menawarkan harapan untuk masa depan yang lebih cerah bagi anak-anak Indonesia.

Ingin Berdonasi di UNICEF? Begini Caranya

Bagi anda yang ingin ikut berkontribusi dalam komitmen UNICEF memastikan bahwa tidak ada anak yang tertinggal di Indonesia, anda bisa berkontribusi dalam bentuk donasi. Untuk layanan donatur bisa menghubungi di nomor telepon (021)  80662100, untuk berdonasi hubungi nomor telepon (021) 53170999 atau 021) 25508200 , layanan via e-mail di ids.donorlove@unicef.org  atau anda bisa mengunjungi secara langsung kantor UNICEF di World Trade Center 6, Lantai 10, Jalan Jenderal Sudirman Kav. 31 Jakarta 12920, Indonesia pada saat jam operasional senin hingga jumat pukul 09.00 – 17.00 wib.

UNICEF juga telah memberikan akses bagi donator untuk berdonasi secara online, adapun caranya sebagai berikut :

  1. Kunjungi website UNICEF di supportunicefindonesia.org melalui desktop ataupun smartphone anda.
  2. Pilih tipe donasi, dimana ada 2 pilihan donasi yaitu Donasi rutin dan Donasi satu kali.

A. Donasi rutin

  • Anda bisa membuat komitmen bulanan untuk mendukung hak dan kesejahteraan setiap anak di Indonesia.
  • Anda memberikan dukungan secara berkelanjutan untuk anak-anak di Indonesia pada masa-masa kritis dalam proses tumbuh kembang mereka.
  • Anda membantu UNICEF dalam membuat perencanaan ke depan dan berinvestasi dalam solusi jangka panjang.
  • Donasi anda diprioritaskan ke tempat anak-anak yang paling membutuhkan setiap bulannya.

B. Donasi satu kali

  • Anda berkontribusi menyediakan bantuan langsung dengan sumbangan satu kali yang sangat dibutuhkan.
  • Memberikan dukungan pada pilihan anda* dengan dana yang ditargetkan ke area spesifik pada wilayah kerja UNICEF di Indonesia.
  • Atau anda bisa memberikan satu sumbangan dimana bantuan anda saat inilah yang paling dibutuhkan.
  1. Informasikan data diri dengan cara masukan data diri anda seperti nama, e-mail, serta no telepon untuk bergabung bersama UNICEF Indonesia untuk membantu anak-anak.
  2. Pilih cara donasi

Anda bisa memilih cara berdonasi melalui kartu kredit, transfer bank, internet banking atau convenience store. Namun untuk berdonasi rutin hanya bisa dilakukan melalui kartu kredit.

Cara Untuk Berhenti Donasi di UNICEF

Untuk anda yang telah ikut berkontribusi dalam donasi rutin UNICEF di Indonesia, namun dengan adanya permasalahan keuangan pribadi dan anda memutuskan berhenti menjadi donatur, berikut adalah cara yang bisa anda lakukan :

  1. Menghubungi call center layanan donatur UNICEF Indonesia di nomor telepon (021)
  2. Anda bisa memanfaatkan layanan via e-mail di donorlove@unicef.org untuk berhenti menjadi donator di UNICEF Indonesia.

Layanan donatur melalui call center dan e-mail bisa anda hubungi pada saat jam operasional senin hingga jumat pukul 09.00 – 17.00 wib.

Itulah yang dapat saya sampaikan mengenai cara agar berhenti menjadi donasi di UNICEF Indonesia. Informasi ini saya peroleh melalui dari situs resmi UNICEF dan beberapa sumber terpercaya.

Author: donny