Bedug Jidor Arek Malang

Coban Jidor

Dari tahun ke tahun jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Malang terus meningkat. Belum lagi jika diakumulasikan dengan jumlah kunjungan wisatawan Kota Batu dan Kabupaten Malang, atau dihitung dalam kerangka Malang Raya. Benang merahnya sama, yaitu banyak para wisatawan yang memilih Malang Raya sebagai destinasi liburan.

Di daerah ini secara alamiah sudah tersedia banyak pilihan wisata. Sisi lain, secara berkala Malang juga tak pernah berhenti memberikan spot baru untuk dikunjungi. Salah satu yang jadi destinasi favorit adalah Coban Jidor. Wisata air yang kian berselok diri untuk membuat nyaman wisatawan.

Coban Jidor

Nama Jidor diambil dari suara air yang pekak. Menyerupai suara jidor, salah satu alat musik tradisional. Dalam bahasa Jawa Timuran biasanya disebut dengan bedug masjid. Sekarang alat musik ini banyak dipakai sebagai penanda adzan di masjid maupun musholla. Anda dapat mengunjungi wisata ini dengan memakai sewa mobil malang dari Nahwa Travelindo.

Lokasi Coban Jidor

Coban Jidor terletak di Desa Ngadirejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Lokasi Coban Jidor sedikit tersembunyi. Lebih baik saat kalian sampai di Desa Ngadirejo tanya ke penduduk sekitar. Terlebih letaknya berada di antara tebing dan jalan yang lebarnya dua meter. Dilihat dari akses jalan cukup menantang. Kalian harus berusaha untuk naik turun tebing jika ingin mencapai titik Coban Jidor. Kira-kira calon pengunjung menempuh setidaknya satu kilometer dengan berjalan kaki dari desa terdekat.

Namun titik lokasi yang tersembunyi menambah kesan keasrian dan kealamian air terjun ini.

Aktivitas di Coban Jidor

Spot-spot kekinian mulai disediakan oleh pihak pengelola. Seperti dibentuknya omah kayu. Sedikit berbeda dengan konsep omah kayu yang ada di Paralayang Kota Batu, konsep di Coban Jidor terlihat lebih alami karena memakai penyangga yang terbuat dari akar pohon dengan ukuran besar. Karena ukurannya besar kekuatan akar kayu ini tak usah diragukan lagi. Meskipun saat kaki kalian berpijak di atasnya akan terasa berayun-ayun.

Desain omah kayu memang ditujukan serupa tempat istirahat. Kalian yang malas basah-basahan bisa bersantai di sini sambil menikmati pemandangan sekitar, khususnya derasnya air terjun Coban Jidor. Ditambah lagi suasana ayunan ketika berada di omah akar itu. Dan, pastinya kalian bisa bermain air di Coban Jidor.

Harga Tiket Wisata

Secara umum harga tiket wisata berbeda antara hari libur dan hari biasa. Sering kali disebut weekday dan weekend. Tapi di Coban Jidor tidak membedakan berdasarkan hari. Harga tiket masuk per pengunjung sama di setiap hari, yaitu 10.000 rupiah. Biaya lain masuk ke harga parkiran. Untuk kendaraan roda dua berjumlah 3.000 rupiah per kendaraan. Di Coban Jidor juga terdapat fasilitas berupa kamar mandi dan kamar ganti.

Bagi anda yang sedang berkunjung ke Malang, sempatkan waktu anda untuk mengunjungi tempat wisata menarik lainnya di Malang Raya, dijamin anda akan ketagihan untuk mendatanginya lagi. Terdapat berbagai paket layanan tour wisata untuk daerah Malang dan Batu, selain itu juga Nahwa Travel menyediakan layanan sewa mobil malang murah.

Author: donny