Beda Cara Mendidik Anak

Mayke, anak saya (19 bulan), alhamdulillah sehat, cerdas, dan lincah. Ia mulai banyak bergerak dan bicaranya mulai jelas satu-dua patah kata. Bu, semakin anak saya besar, mulai kelihatan ada perbedaan mendidik antara saya dan suami. Saya cenderung membebaskan anak bereksplorasi, sedapat mungkin tidak melarang anak ini itu.

Sebaliknya suami saya sepertinya posesif sama anak. Agak mengungkung (anak tidak boleh keluar kalau bukan sama bapak atau ibunya), sering melarang dengan alasan khawatir jatuh atau luka, dan sering menegur anak. Ibu Mayke, bagaimana cara menyatukan visi mendidik anak. Sebab saya khawatir kalau sering dilarang, besarnya anak jadi minder dan tak mandiri.

Bagaimana memberi pemahaman pada suami supaya tidak banyak melarang? Apakah ini ada kaitannya dengan masa kecil suami, yang diasuh sendiri oleh ibunya, karena orangtuanya berpisah? Saya tidak ingin bertengkar di depan anak gara-gara beda cara mendidik. Mohon saran Ibu Mayke. Terima kasih. Firsa – Jakarta.

Cara mendidik anak

Sayang sekali kalau suami terlalu khawatir membiarkan anak bereksplorasi. Mungkin dia mempunyai pengalaman masa lalu yang membuatnya menjadi pencemas dan sangat protektif pada anak. Firsa bisa mengamatinya untuk situasi lain, apakah suami memang seorang yang terlalu mudah khawatir?

Kecemasan dalam porsi yang wajar, memang dibutuhkan manusia agar tidak gegabah dalam mengambil keputusan, tapi kalau sudah berlebihan, akan menghambat fungsi hidup sehari-hari; baik dalam hal berkarier, hubungan sosial, pengasuhan anak. Mengenai menyatukan visi dalam mendidik anak, bisa dicoba dengan memberikannya jaminan, bahwa orang yang diserahi tanggung jawab bisa dipercaya (kalau memang ada) dan membaca artikel dampak negatif pengasuhan yang terlalu membatasi ruang gerak anak.

Apabila masih sulit, sebaiknya konsultasi saja pada ahlinya, psikolog klinis dewasa. Di Jakarta cukup banyak ahlinya dan suami Firsa bisa dibantu untuk mengatasi rasa cemas yang berlebihan, kadang kala akan diberikan terapi kalau dibutuhkan. Semoga keterangan ini dapat memberikan solusi pada kesulitan Firsa dan suami, salam.

Mendidik anak adalah tanggung jawab orangtua, terlebih lagi untuk pendidikan formal. Untuk anak yang akan mengikut tes bahasa inggris, berikan ia bekal dari tempat kursus tes persiapan ielts terbaik di Jakarta.

Author: donny