Anak Indonesia Kurang Makan Buah

Berdasarkan riset, 93,6% penduduk Indonesia berusia di atas 10 tahun ternyata kurang makan buah dan sayur. Data di atas berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2007, Badan Litbang Departemen Pertanian. Angka ini tentu mencengangkan sekaligus mengkhawatirkan. Data dari Badan kesehatan Dunia (WHO) juga menunjukkan rata-rata konsumsi buah dan sayur masyarakat Indonesia masih kurang, yakni hanya 2,5 porsi per hari.

Jumlah buah yang dikonsumsi hanya 34,55 kg per kapita per tahun. Padahal, Food Agriculture Organization (FAO) menyebut, konsumsi buah seharusnya mencapai 73 kg per kapita per tahun. Jadi, angka tersebut masih jauh dari harapan. Padahal, menurut WHO dan FAO, kurang asupan buah dan sayur berisiko kematian akibat kanker saluran cerna sebesar 14%, kematian akibat penyakit jantung koroner 11%, dan kematian akibat stroke sebesar 9%.

Minimal 2 Porsi

Berdasarkan UndangUndang Kesehatan No. 36, 2009 tentang Pedoman Gizi Seimbang, kualitas kesehatan dapat meningkat bila mengonsumsi minimal 2 porsi buah dan 3 porsi sayur secara teratur setiap hari. Begitu pun, berdasar tumpeng gizi seimbang, dianjurkan dalam sehari anak mengonsumsi 3-5 porsi sayur dan 2-3 porsi buah. Lembaga lain, American Heart Association bahkan mengajurkan 8 porsi atau 4,5 mangkuk dari berbagai jenis buah dan sayur per hari.

Seperti kita ketahui, sayur dan buah dapat mencegah dan mengurangi risiko penyakit, seperti kencing manis, hiperkolesterol, kanker, obesitas. Ini belum menyebut manfaatnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan, memperlancar proses metabolisme, meningkatkan kesehatan saluran cerna, dan mencegah kerusakan sel.

Untuk itulah perlu ditanamkan sejak dini agar anak suka dengan buah dan sayur setiap harinya. Hal ini akan sangat bermanfaat ketika mereka dewasa kelak. Karena semakin dewasa seseorang, maka semakin banyak ujian mengenai tipe makanan yang enak dimakan. Apalagi ketika anak sudah masuk dunia kerja yang super sibuk sekali. Makanan seperti junk food akan menjadi pilihan utama dikala sedang tidak ada waktu untuk makan.

Dengan didukungnya buah dan sayuran yang menjadikan anak lebih sehat, tentunya harus diimbangi dengan belajar yang giat. Agar anak dapat mahir dalam berbahasa asing berikan ia tambahan belajar di kursus les bahasa Jerman terpercaya di Bandung.

Author: donny